Politeknik PU

Mahasiswa TKBA melaksanakan Praktikum Tes Sondir

Semarang – Mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum program studi TKBA (Teknologi Konstruksi Bangunan Air) melaksanakan praktikum Tes Sondir dari tanggal 2-6 Mei 2024. Praktikum tersebut dilakukan di area kampus 1 Politeknik Pekerjaan Umum daerah Tembalang. Dosen pengampu dalam praktikum tersebut adalah Bapak Suhardi, ST, MPSDA dan juga sebagai Kepala Prodi TKBA. Tes Sondir sendiri merupakan salah satu tes dalam bidang teknik sipil yang berfungsi untuk mengetahui kedalaman tanah keras. Dengan mengetahui kedalaman tanah keras maka dapat diperkirakan seberapa kuat tanah tersebut menopang konstruksi diatasnya. Data yang didapatkab dari tes ini adalah berupa besaran gaya perlawanan dari tanah terhadap konus, serta hambatan pelekat dari tanah tersebut dalam satuan gaya per satuan panjang.

Dalam tes Sondir membutuhkan peralatan seperti bikonus, alat penetrasi mekanis sondir, manometer 60 kg/cm2 dan 250 kg/cm2, angkur, serta mistar pengukur. Tes Sondir sendiri digunakan untuk menentukan tipe atau jenis pondasi yang akan digunakan, menghitung gaya dukung tanah asli, dan menentukan seberapa dalam pondasi harus diletakkan nantinya.

Kampus Politeknik Pekerjaan Umum merupakan kampus yang mengusung konsep ” Smart Green Campus ” pertama di Indonesia. Fasilitas kampus pun sangat lengkap seperti adanya workshop, laboratorium lapangan, laboratorium yang canggih serta adanya BIM ( Building Information Modelling ) yang memiliki sertifikat berlaku di seluruh Asia.

Scroll to Top