Politeknik PU

Politeknik Pekerjaan Umum menyelenggarakan Kuliah Umum“Keselamatan Konstruksi Bidang Bangunan Air”

Dalam rangka menambah wawasan mahasiswa, Program Studi Teknologi Konstruksi Bangunan Air mengadakan Kuliah Umum “Keselamatan Konstruksi Bidang Bangunan Air” yang diselenggarakan pada hari Rabu, 3 April 2024 bertempat di Auditorium Politeknik Pekerjaan Umum. Acara dihadiri oleh seluruh mahasiswa Teknologi Knonstruksi Bangunan Air sebanyak 150 mahasiswa.

Kuliah umum bertema “Keselamatan Konstruksi Bangunan Air” dimoderatori oleh Wahyu Prasetyo, ST, MT dan Daru Jaka Sasangka, ST, M.Eng selaku Dosen Program Studi Teknologi Konstruksi Bangunan Air, dan sebagai narasumber adalah  Ir. Brawijaya, S.E., M.Eng.I.E, MSCE, Ph.D. selaku Direktur Politeknik Pekerjaan Umum. Tujuan sharing knowledge ini adalah agar mahasiswa memahami Sistem Manajemen Keselamat Konstruksi (SMKK); memahami standar keamanan, keselamatan, kesehatan dan keberlanjutan konstruksi; memahami rancangan konspetual, elemen, penerapan SMKK, biaya penerapan SMKK; serta mampu melaksanakan aturan tentang keselamatan konstruksi di tempat kerja.

Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa Kecelakaan Konstruski memberikan dampak buruk bagi tenaga kerja, masyarakat, proyek maupun perusahaan. Penyebab kecelakaan konstruksi adalah tidak memperhatikan keselematan kerja, tenaga ahli secara kualitas dan kuantitas masih kurang, pengawasan keselamatan konstruksi saat kegiatan konstruksi kurang, petugas keselamatan Konstruksi/Ahli K3 Konstruksi/ Ahli keselamatan konstruksi yang bersertifikat masih kurang, dan regulasi yang belum mendukung. Strategi mengatasi permasalahan tersebut adalah perbaikan regulasi, pembentukan Komite Keselamatan Konstruksi, pembinaan kualitas SDM, perbaikan organisasi QHSE – UKK, dan pengawasan.

Kuliah Umum ini menjadi penting untuk bekal mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nanti agar tidak terjadi kecelakaan konstruksi. Dan menjadi bahan pembelajaran yang penting bagi mahasiswa maupun tenaga pendidik Program Studi Teknologi Konstruksi Bangunan Air.

Scroll to Top