Politeknik PU

WORKSHOP JALAN DAN JEMBATAN

Workshop Jalan dan Jembatan terletak di gedung Workshop A1 Politeknik Pekerjaan Umum dengan luas bangunan 1.057 m². Kegiatan yang dilakukan pada Workshop Jalan dan Jembatan adalah praktikum Survei Jalan, Jembatan dan Lereng, pengujian bahan material aspal, praktikum perakitan dan pembongkaran Jembatan Bailey, praktikum Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi dan praktikum preservasi jalan dan jembatan. Survey Jalan, Jembatan dan Lereng meliputi Survei Kondisi Rinci Jalan Beraspal untuk Jalan antar Kota, Survei Data Titik Referensi Jalan, Uji Lendutan Permukaan Jalan dengan Falling Weight Deflectometer (FWD), Pemeriksaan Inventarisasi Jembatan, Pemeriksaan Detail Jembatan, Pemeriksaan Rutin Jembatan, Inventarisasi Lereng Jalan, Inspeksi Berkala Lereng Jalan dan Penilaian tingkat Risiko Lereng Jalan. Praktikum pengujian bahan material aspal terdiri dari Uji penetrasi aspal, Uji titik lembek aspal, Uji titik nyala dan titik bakar aspal, Uji daktilitas, Uji berat jenis aspal dan Uji viskositas. Selain kegiatan praktikum mahasiswa, Workshop Jalan dan Jembatan melayani penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen.
Ketua
Rikal Andani, S.T., M.Eng.
Anggota
Haggata V.A., A.Md.T.
Anggota
Syarifah Rosma Sahara, A.Md.T.
Anggota
Tri Aryani, A.Md.

Peralatan

Rebar Detector
Rebar Detector adalah alat yang digunakan dalam industri konstruksi untuk mendeteksi dan menentukan lokasi baja tulangan (rebar), ketebalan selimut beton, dan diameter tulangan dalam struktur beton.
Ultrasonic Non Destructive Tester
Ultrasonic Non Destructive Tester (NDT) adalah alat yang digunakan untuk menguji keberadaan cacat atau ketidaksempurnaan dalam material tanpa merusak material dari benda uji. Politeknik Pekerjaan Umum memiliki 2 alat NDT dalam menunjang kegiatan praktikum mahasiswa.
Concrete Test Hammer
Concrete Test Hammer atau yang dikenal juga sebagai Schmidt Hammer, adalah alat yang digunakan untuk mengukur kekerasan atau kekuatan beton. Alat ini digunakan dalam industri konstruksi, pemeliharaan jalan, dan pengujian struktur beton untuk mengevaluasi kualitas beton, kesehatan struktural, dan potensi kerusakan.
Kunci Torsi 200 Nmm
Kunci Torsi 200 Nmm adalah alat yang digunakan untuk mengukur atau menerapkan torsi pada baut, mur, atau pengencang lainnya dengan torsi sebesar 200 Newton meter (Nmm).
Asphalt Cutter (Saw)
Asphalt Cutter (Saw) adalah alat yang digunakan untuk memotong aspal, beton, atau material lainnya pada permukaan jalan atau area konstruksi lainnya menjadi bentuk dan ukuran yang diinginkan.
Baby Roller
Baby Roller adalah istilah yang digunakan dalam industri konstruksi merujuk pada jenis roller kecil yang digunakan untuk pemadatan atau kompaksi lapisan aspal atau tanah pada proyek konstruksi jalan atau bangunan dengan operating weight kurang dari 3 ton.
Scroll to Top