Politeknik PU

LABORATORIUM MEKANIKA TANAH

Laboratorium mekanika Tanah terletak pada Gedung Workshop A2 Kampus Politeknik Pekerjaan Umum. Luas gedung Laboratorium Mekanika Tanah yaitu 1.057 m2 dengan pembagian ruang yaitu area praktikum pengujian tanah dan ruang penyimpanan alat. Kegiatan yang dilayani pada Laboratorium Mekanika Tanah yaitu praktikum Pengujian karakteristik tanah di laboratorium dan praktikum pengujian karakteristik tanah di lapangan. Selain kegiatan Pendidikan, Laboratorium Mekanika tanah juga melayani pengujian sampel dari pihak eksternal, penelitian dosen serta kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Ketua
Daru Jaka Sasangka, S.T., M.Eng.
Anggota
Akhdan Zufar Faiz, A.Md
Anggota
Muhammad Dzikron Jaelani, A.Md.

Peralatan

Liquid Limit Casagrande
Merupakan perangkat atau set alat yang digunakan dalam pengujian laboratorium untuk menentukan nilai liquid limit dari tanah. Pengukuran liquid limit adalah bagian penting dari karakterisasi tanah, terutama dalam geoteknik, untuk memahami sifat-sifat plastis dan kekentalan tanah.
Specific Gravity Vacum And Heating Method
Merupakan perangkat yang digunakan untuk mengukur berat jenis atau densitas relatif dari bahan padat, cair, atau gas. Pengukuran berat jenis ini penting dalam berbagai bidang seperti geoteknik, material science, kimia, dan teknik lingkungan.
Triaxial Automated System With UNSAT
Uji Triaksial merupakan langkah awal dalam memulai sebuah konstruksi infrastruktur. Uji ini sangat diperlukan untuk melakukan analisis daya dukung tanah, stabilitas lereng dan gaya dorong pada dinding penahan. Triasksial merupakan suatu uji dalam mengukur kekuatan geser tanah. Kekuatan geser tanah ini dimaksudkan untuk menghitung kohesi untuk tanah lempung (clay) dan juga sudut geser untuk pasir (sand).
Triaxial Test Set Analog
Merupakan perangkat yang digunakan dalam pengujian laboratorium untuk mengukur sifat-sifat mekanis dari tanah dalam kondisi triaksial. Pengujian triaksial merupakan salah satu metode yang umum digunakan dalam geoteknik untuk memahami perilaku tanah di bawah beban dan gaya geser yang berbeda
Unconfined Compression Test
Uji UCS merupakan pengujian di dalam laboratorium untuk menghitung kekuatan geser tanah. Uji ini mengukur seberapa kuat tanah menerima kuat tekan yang diberikan sampai tanah tersebut terpisah dari butiran-butirannya juga mengukur regangan tanah akibat tekanan tersebut.
Scroll to Top