Politeknik PU

DOSEN

UNIT KEGIATAN MAHASISWA

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Politeknik Pekerjaan Umum merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi mereka di berbagai bidang, serta berkontribusi dalam kegiatan sosial, budaya, dan akademik di kampus.

BERITA TERKAIT

Semarang – Politeknik Pekerjaan Umum menyelenggaran Seminar Internasional Hybrid Seminar dengan Tema From Risk to Resilience: Collaborating for Effective Water Related Disaster Risk Management in Climate Change dengan mengundang Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sebagai Keynote Speaker dan Bob Arthur Lombogia selaku Director General for Water Resources of MPWH sebagai Main Speaker serta menghadirkan 4 orang Guest Speaker yaitu Flood Risk Expert Deltares The Netherlands; Director of Center for ICZM Diponegoro University; Project Coordinator Ecoshape Boskalis The Netherlands; dan Head of the infrastructure and Regional Development Department of the Provincial Planning and Development Agency of Central Java. Acara tersebut diadakan pada tanggal 14 Desember 2023 di Auditorium Politeknik Pekerjaan Umum dengan peserta sebanyak 100 orang secara offline dan 1000 orang melalui streaming youtube. Direktur Politeknik Pekerjaan Umum membuka Seminar Internasional tersebut, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa seminar ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi para ahli, profesional, dan pemimpin untuk berbagi wawasan dan mendorong diskusi kolaboratif untuk memecahkan masalah bencana terkait air. Seminar ini akan memberikan peluang kepada berbagai stakeholder untuk berkontribusi dan terlibat dalam proses persiapan acara kolaboratif ini, pada kesempatan kali ini juga akan mempromosikan acara World Water Forum ke-10 Tahun 2024 mendatang di Bali dan hasil seminar ini akan disampaikan pada World Water Forum ke-10.

Dalam keynote speech nya, Menteri PUPR menyampaikan “Seminar Internasional ini diadakan sebagai bagian dari niat dan komitmen kami untuk memperkuat kerjasama bilateral antara Indonesia dan Belanda. Kedua negara memiliki kerjasama jangka panjang terutama di bidang air dengan berbagai skema kerjasama, seperti pembangunan kapasitas, pertukaran pengetahuan, keterlibatan pemuda, serta pendidikan vokasional dalam teknologi air”.

Acara ini diawali dengan Talkshow dengan narasumber dari Dosen Universitas Gajah Mada dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Sungai Bengawan Solo, dengan topik Tantangan dan Peluang untuk Ketangguhan Bencana Air yang dipimpin oleh Generasi Muda, Solusi Inovatif untuk Ketangguhan Bencana Air, serta 5 Pilar Manajemen Air dapat Mengatasi Masalah Bencana Air. Acara Talkshow ini akan menjelajah peran pemuda dalam memimpin upaya ketangguhan terhadap bencana air, dengan mengadakan percakapan interaktif dengan para pemimpin muda dari Indonesia dan seluruh dunia mengharapkan bahwa dari generasi muda dapat memberikan inovasi dalam mitigasi bencana, karena bencana apabila tidak di mitigasi maka akan menimbulkan impact yang tambah besar.

Setelah Talkshow dilanjutkan dengan acara utama yaitu Seminar Internasional Hybrid Seminar dengan Tema From Risk to Resilience: Collaborating for Effective Water Related Disaster Risk Management in Climate Change, materi yang di paparkan oleh Guest Speaker antara lain Kebijakan Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu di Jawa Tengah; Recovery Ecosystem Change; Flood Risk Modelling in Semarang; Building with Nature for Disaster Risk Management.

Dengan diadakannya Seminar Internasional ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang betapa pentingnya mitigasi bencana dan manajemen untuk semua negara.

Scroll to Top